IMM Fakultas Agama Islam UAD

Melawan Kapitalisme Sebagian dari Iman

hati-hati dengan air minum isi ulang…

Posted by immfaiuad pada Januari 4, 2008

Bagi mahasiswa yang mungkin punya keinginan untuk menghemat biaya pengeluaran nya perbulan, salah satunya dengan membeli air minum isi ulang, lumayan daripada harus membeli air mineral per kardus. tapi itu bukan berarti bahwa ketika kita ingin menghemat biaya harus mengehemat kesehatan.

Kebetulan sore ini saya, baru saja beli air minum isi ulang bersama dengan seorang teman dari Resimen mahasiswa, air mineral itu rencananya akan kita pakai untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. mungkin secara tidak sengaja saya “harus” berbincang-bincang sedikit dengan orang yang menjual air minum isi ulang tersebut. hal itu terjadi ketika teman saya katanya ingin membeli pulsa sebentar. sehingga, sembari menunggu ia kembali saya berkesempatan untuk menghilangkan kebosanan menunggu.

Perbincangan kita dimulai dengan pertanyaan saya mengenai alat untuk sterilisasi air tersebut (saya malah belum tahu apa namanya).

“harganya berapa?” begitu tanya saya.

beliau lalu menjawab “kalau sekarang 35 juta.”

lalu beliau bercerita panjang lebar, yang inti perbincangan kita yang akan saya sarikan di sini. katanya ada yang lebih murah tapi proses penylingan airnya hanya satu kali (alat sterilisasi dan penyulingan air yang beliau miliki “melakukan” proses penyaringan sebanyak 2 kali) , sehingga kemungkinan air belum steril. dia mengatakan kalau kondisi itu banyak terjadi di tempat-tempat penjualan air minum isi ulang (maaf jika terganggu dengan istilah ini) . dan keyakinan dia menegaskan kepada saya, bahwa dia sangat senang bila ada orang yang bertanya tentang hal tersebut, soalnya orang yang bertanya akan tahu dimana seharusnya dia membeli  air minum isi ulang. karena kesehatan adalah hal yang terpenting yang dimiliki manusia. memang, walaupun sudah berapa kali di sulin tetap saja kumannya tidak akan mati secara keseluruhan. namun, paling tidak ini akan mengurangi resiko yang dapat membahayakan kesehatan, tegas beliau. beliau juga mengatakan bahkan Aqua sendiripun tidak bisa benar-benar tanpa kuman (saya kurang tahu beda kuman dengan bakteri, tapi beliau mengatakan kuman).  sebab untuk benar-benar mematikan kuman, harus dimasak dalam derajat tertentu (beliau tidak menyebutkan, tapi dari gelagatnya, derajatnya cukup tinggi)

yah,,, begitulah walaupun tulisan ini mungkin hanya memuat sedikit pesan (sebenarnya subjektif sih…), tapi yang jelas bahwa kewaspadaan hidup membuat kita akan semakin sehat.

Ditulis oleh: Bayu

 

Tinggalkan Balasan

 
