IMM Fakultas Agama Islam UAD

Melawan Kapitalisme Sebagian dari Iman

Kunjungan ke KPID DIY

Posted by immfaiuad pada Desember 20, 2007

Kunjungan ke KPID DIY

Hari Senin, 17 Desember 2007, Ketua IMM Pimpinan Komisariat Agama Islam UAD, Bayu Satria, ditemani Ketua Bidang Hikmah, Shofhi Amhar berkunjung ke Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY.

Kunjungan tidak resmi itu adalah dalam rangka mencari bahan presentasi untuk kader IMM komisariat Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sekaligus mengambil sertifikat seminar yang diselenggarakan oleh KPID sepekan sebelumnya.

Meski tidak mendapat bahan yang kami maksud, namun kami berkesempatan berbincang dengan slah seorang anggaota KPID, yang itu bapak Irwandi. Ada beberpa hal yang kami bincangkan di sana.

Perbincangan pada awalnya menyangkut tayangan-tayangan televisi yang memprihatinkan, sampai kepada masalah nakalnya industri pertelevisian.

Bapak Irwandi menyatakan sesungguhnya media tidak pernah lepas dari dominasi. Jika pada masa orde baru media didominasi oleh penguasa, pada masa reformasi sekarang ini, media sejatinya didominasi oleh pengusaha. Tuntutan demokratisasi yang membawa juga konsekuensi dekomrasi pasar telah menyebabkan duna industri (dalam hal ini industri pertelevisian) menjadi kekuatan yang memonopoli media. Ujung-ujungnya, kapitalisme menampakkan wajahnya.

Dalam dunia pertelevisian, pemilik modal memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan siaran model apa yang akan ditayangkan. Pemilik modal tentu memiliki watak yang serupa di mana-mana, yaitu menangguk untung yang sebesar-besarnya. Maka, membuat tayangan televisi yang mendidik adalah tidak penting. Yang lebih penting adalah membuat acara yang diminati oleh masyarakat.

Jadilah acara-acara televisi semacam sinetron tidak memiliki aspek pendidikan, jauh dari nlai-nilai Islam, serta mengandung banyak distorsi pemahaman, menyebabkan keborbrokan moral, bahkan tidak jarang justru menjauhkan akidah umat dari akidah Islam.

Gejala semacam ini, mau tidak mau, cepat atau lambat harus dilawan!

Satu Tanggapan to “Kunjungan ke KPID DIY”

  1. Salah satu cara untuk melawan dominasi program televisi seperti itu adalah dengan menawarkan alternatif tayangan yang lebih sehat, agar publik tidak berada dalam kondisi tanpa pilihan. Desentralisasi dan pemberdayaan potensi penyiaran lokal karenanya menjadi agenda penting yang harus senantiasa diperjuangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: